Kisah Sederhana "Cek Toko Sebelah"


Ini merupakan pertama kalinya blog Moonhill mengulas film Indonesia, dan judul pertama adalah Cek Toko Sebelah yang diproduseri dan disutradari oleh Ernest Prakasa, stand-up comedian. Filmnya berkisah tentang Koh Afuk yang memiliki usaha Toko Grosir dan Eceran dan menginginkan anaknya, Erwin, menjadi penerus usahanya, sementara Yohan dan istrinya Ayuk, masih berusaha memenuhi kebutuhan hidup dan mewujudkan impian mereka, toko kue dan studio foto.

Sebenarnya, cerita semacam ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Peliknya persaingan menjadi anak kesayangan antara Yohan dan Erwin sebagai kakak beradik, memang mirip dengan cerita keluarga dimana saja. Pasti selalu ada satu anak yang lebih disayang oleh orang tua daripada anak yang lain, atau setidaknya, ada satu anak yang merasa saudaranya lebih di sayangi daripada dirinya. Kemudian, saya juga harus memuji penggunaan dialog dalam film ini, sangat realistis, tak terlalu puitis atau pun baku, namun tetap dapat dikutip dan mengandung pesan yang berbobot.

Anyway, kekurangan dari film ini, mungkin terletak dari terlalu banyaknya pemeran pendukung yang tak terlalu penting dan tak terlalu menyumbang banyak dalam kemajuan alur cerita, misalnya para pegawai di toko Koh Afuk diperankan oleh stand-up komedian terkenal. Sudah bisa ditebak sebenarnya mereka ditempatkan di dalam film untuk menarik sebanyak mungkin penonton. Dialog yang seharusnya lucu, mungkin lebih baik disebut "menyenangkan" daripada lucu ya... fun, not funny just yet. Saya rasa lelucon jorok, apalagi merendahkan perempuan, sudah ketinggalan zaman, kampungan, dan lebih pantas disebut pelecehan.

Terlepas dari kekurangannya, film ini boleh lah ditonton, dan beberapa pilihan penyelesaian masalahnya, mengingatkan saya pada film-film komedi lawas seperti Warkop DKI.

Tesalonika

Interdisciplinary artist with background studies in Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.