Apa Dampak Pemilihan Presiden Amerika Bagi Orang Indonesia?

Beberapa pekan lalu, tepatnya 3 November 2020, warga Amerika (AS) merayakan pesta demokrasi. Semua orang berbondong-bondong ke tempat pemilihan umum untuk memberikan suara mereka, memilih presiden Amerika selanjutnya. Kandidatnya adalah Donald Trump dari partai Republikan dan Joe Biden dari Demokrat. Sekarang pemenangnya sudah diumumkan, Joe Biden resmi menjadi presiden Amerika selanjutnya. 

Seperti saya, mungkin kamu pun juga bertanya-tanya, apa sih dampak dari pemilu Amerika bagi kita, orang Indonesia? Perlu diketahui saya bukan orang yang ahli dalam hal politik, jadi informasi yang saya sampaikan di sini merupakan jawaban yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber (akan tercantum di bawah).

Foto oleh Markus Spiske dari Unsplash.

Pengaruh Ekonomi dan Perdagangan 

Setiap pemimpin punya kebijakan dan cara menjalankan kebijakan tersebut. Joe Biden dan Donald Trump sama-sama ingin mengembalikan Amerika menjadi negara industri, supaya tidak bergantung pada negara-negara berkembang, seperti Tiongkok untuk memproduksi barang-barang mereka. Selama masa pemerintahannya, cara Trump dinilai labil, sehingga para pelaku ekonomi kewalahan dan tidak dapat memprediksi kebijakan Amerika kedepannya. Sementara, kemenangan Biden memberikan secercah harapan baik pada pebinis, karena kebijakan dan cara Biden mudah diprediksi.

Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika, menguat begitu Biden unggul daripada Trump. Ada pula 5 saham yang naik di perdagangan saham, di antaranya saham Bank BCA, Bank BRI, dan Telkom.

Pengaruh Hubungan antar Negara

Di masa pemerintahan Trump, dia memberikan visa masuk pada mentri pertahanan Indonesia, Prabowo, sebagai bentuk menjalin hubungan baik dengan negara kita, karena sentimen anti Tiongkok-nya. Kalau Biden menang, belum tentu peluang-peluang emas yang diberikan oleh Trump pada Indonesia akan terus belanjut. Perrhatian Trump pada Indonesia, sebenarnya juga dilatarbelakangi karena ia memiliki investasi bisnis di Indonesia.

Tak hanya bagi Indonesia, bagi negara Jepang pun juga sama. Di masa pemerintahannya, Trump berhasil mengambil hati pemerintah Jepang karena ideologi mereka sejalan (nasionalis), bahkan dia memberikan lampu hijau untuk Jepang membentuk militer lagi. Kalau Biden memang, hubungan antara Jepang dan Amerika pun belum bisa diprediksi, tergantung pada ideologi partai mereka, yaitu Demokrat. Sementara, kita sendiri, warna negara demokrasi, tahu betul rancunya sistem "demokrasi".

Joe Biden (kiri) dan Donald Trump (kanan). Foto dari CNN.com

Diplomasi Indonesia dengan Amerika Serikat

Saat Indonesia mengeluarkan kebijakan baru untuk meregulasi perusahaan asing seperti Freeport di Papua, Amerika yang pada waktu itu dipimpin oleh Trump, tidak terlalu banyak bersuara karena Indonesia mematuhi regulasi Amerika. Dengan pergantian presiden, tentunya gaya diplomasi antara Indonesia dengan Amerika serikat juga terpengaruh. Kebijakan serta regulasi Biden bisa sangat berbeda dengan Trump, walau pun mereka memiliki visi yang mirip, membuat Amerika jadi hebat lagi dengan memproduksi barang-barang mereka sendiri. Apalagi, dengan kondisi ekonomi Amerika seperti sekarang, yang masih belum membaik akibat pandemi, tentunya akan sangat menantang bagi Biden untuk mewujudkan visinya. 

Kesimpulan

Mungkin kita bisa dengan mudah menutup mata, tidak mau tahu dengan situasi politik negara lain, tapi kita jangan sampai lupa kalau negara Indonesia pun hidup berdampingan dengan negara lainnya. Status Amerika sebagai negara adi kuasa yang sedang perang ekonomi dengan Tiongkok, bisa berdampak juga dengan keadaan ekonomi Indonesia. Misalnya, karena kebijakan Trump yang tak mau memproduksi  dan menerima barang dari Tiongkok, mau tak mau membuat Tiongkok menjual barang mereka ke negara lain, salah satunya Indonesia.

Sumber:

[1] "Apa Dampak Pemilu Amerika ke Indonesia" oleh Tempo.co, diakses pada 11 November 2020.
[2] "Pengaruh Pilpres AS bagi Indonesia" oleh Metro TV News, diakses pada 13 November 2020.
[3] "DPR: Jika Joe Biden Menang, Indonesia Akan Alami Kemunduran" oleh Kompas TV, diakses pada 13 November 2020.
[4] "Biden Effect di Indonesia" oleh CNBC Indonesia, diakses pada 13 November 2020.
[5] "Pengaruh Pemilu AS Terhadap Indonesia" oleh Metro TV News, diakses pada 13 November 2020.
Tesalonika

I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.