Marques Brownlee: Channel YouTube Review Teknologi Terbaik

Marques Brownlee atau yang juga dikenal sebagai MKBHD di YouTube, merupakan seorang pengamat teknologi dan pengulas gadget terkini dengan jumlah 12,8 juta subscriber dan rata-rata 5 juta penonton per video. Marques memulai channelnya kurang lebih 12 tahun lalu, di tahun 2008. Disebut sebagai kreator terbaik dalam bidang teknologi oleh Presiden Google, Marques pun pernah mewawancarai figur-figur besar seperti Elon Musk dan Bill Gates. 

"Marques Brownlee atau dikenal juga sebagai MKBHD." © Marques Brownlee on YouTube

Video pertama yang ia upload di YouTube menganalisa ayunan golf direkam dengan kamera handphone dan waktu itu ia baru berusia 13 tahun. Setelah berbagai video acak tanpa konteks, Marques mulai mengulas teknologi pada Januari 2009. Dia mendapatkan laptop baru dan dengan kamera laptopnya ia mengulas perangkat miliknya tersebut. Banyaknya orang mengkomplain kualitas video miliknya, sempat membuat nyali Marques ciut. Namanya juga baru mulai, tak semua orang punya peralatan memadai. Marques pun mulai memperhatikan kualitas video-video yang ia upload, dimulai dari 98 subscriber saja. Seiring berjalannya waktu, video Marques semakin high quality dan ulasan yang ia sajikan pun mulai beragam, mulai dari perangkat audio, kamera, gadget, komputer, hingga perangkat lunak.

"Marques Brownlee dan Elon Musk di pabrik Tesla." © Marques Brownlee on YouTube

Sekarang, apa sih yang membuat Moonhill berpendapat kalau Marques memang pengamat dan pengulas teknologi terbaik? Mari kita masuk ke poin-poinnya.

© Marques Brownlee

Transparan mengenai sponsorship.

Dalam salah satu videonya yang diunggah di YouTube pada 10 Juli 2020 silam, berjudul "Can You Trust MKBHD?" Marques menyampaikan perhatiannya soal pendapat penonton. Seorang men-twit: kalau produknya dibilang bagus, pasti ditanya, "berapa kamu dibayar?" Kalau produknya dibilang jelek, pasti ditanya, "berapa kamu dibayar oleh saingan mereka?" Pokoknya tidak bisa menang. Dan Marques menambahkan: Kalau kita tidak bilang apa-apa mengenai sebuah produk, mereka bilang, "kenapa sih benci banget sama produk tersebut?"

Marques mengelola channelnya dengan tim kecil, dengan dirinya sebagai kepala dan orang yang mengulas perangkat teknologi secara langsung. Selain tidak bisa terus menerus mendapatkan produk yang ingin diulas, Marques juga memiliki waktu yang terbatas. Jadi, dia harus benar-benar memilih serta memilah produk apa yang akan dia bicarakan dalam video dan yang tidak.

Selain itu, dalam videonya, Marques juga menyampaikan kalau dirinya tak pernah menerima uang sponsor untuk mengulas sebuah produk. Baginya, ulasan yang dibayar bukanlah ulasan, melainkan impresi atau kesan-kesan saja. Ulasan yang baik bagi Marques adalah ketika ia membeli seperti konsumen lainnya, menggunakan produk tersebut dan kemudian menyampaikannya pada penonton, sebab nantinya penonton akan mempertimbangkan apakah produk itu layak dibeli atau tidak.


Berani menanyakan pertanyaan yang tepat.

Mengulas bukan berarti menjatuhkan dakwaan. Marques menghargai pendapat orang lain, terutama penonton yang nantinya akan membeli produk yang ia bahas dalam sebuah video. Dia tidak pernah menyuruh orang lain untuk segera membeli suatu barang, atau menyuruh jangan beli karena kekurangan yang ia sampaikan. Sebagai seorang pengamat teknologi, Marques hanya menyampaikan kekurangan dan kelebihan dari sebuah produk, akan membeli atau tidak, itu sudah menjadi keputusan penonton.

Marques juga bukan orang yang segan dalam memaparkan fakta dan memulai diskusi dengan pertanyaan tepat. Misalnya, dalam video dimana Marques mengulas controller PlayStation 5 yang memiliki haptic feedback terbaik, dan membuat para pemain merasakan bedanya saat menendang daun atau benda padat, namun Marques bertanya, "kira-kira apakah developer game PS5 akan menggunakan fitur perangkat keras ini secara maksimal?" Seolah menantang para pengembang untuk memanfaatkan fitur konsol dengan maksimal.



Pertanyaan-pertanyaan Marques semacam itu, memulai diskusi penting diantara pecinta teknologi, sekaligus menantang para produsen untuk memanfaatkan fitur produk mereka agar bisa lebih baik kedepannya. Transparansi mengenai sponsorship dan keberanian memaparkan fakta, membuat banyak orang percaya dengan pendapat Marques saat mengulas sebuah perangkat. Jadi, tak perlu heran kalau Marques disebut sebagai kanal YouTube teknologi terpenting di masa kini.
Tesalonika

Interdisciplinary artist with background studies in Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.