WandaVision di Disney+ Sejauh Ini – Recap Episode 1-4


WandaVision
merupakan serial Marvel ekslusif untuk layanan streaming Disney+ yang mulai tayang awal tahun 2021, dibintangi Elizabeth Olson sebagai Wanda Maximoff, Paul Bettany sebagai Vision. Dari teaser trailer sampai beberapa episode awal, seolah-olah mereka berada dalam sitkom tahun 60-an, dan menghidupi kehidupan normal, berusaha fit in di perumahan kota Westview. Tapi, apa benar demikian?

{alertWarning} SPOILER ALERT!!!! Ada bocoran cerita utama dalam artikel ini. Bila kamu belum menonton dan tidak ingin mendapat bocoran apa pun, segera beralih ke artikel lain dan kembali setelah menonton.

Seperti yang kita tahu, Vision telah mati di tangan Thanos dalam Avengers: Endgame. Sementara, Wanda sempat menghilang karena the snap. Kita dibuat bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi dalam serial WandaVision, mengapa mereka berada dalam sebuah sitkom? Serta, adanya glimps dari episode pertawa, bahwa ada sekelompok orang yang mengawasi mereka dari “luar” dan berusaha berkomunikasi dengan Wanda melalui radio di episode kedua, membuat penonton mengira-ngira kalau mungkin Wanda di culik atau dikendalikan oleh sekelompok orang jahat, menjebaknya dalam dunia buatan.

Dalam episode ke dua dan ketiga, berbagai keanehan terjadi. Tapi ada yang berbeda, seolah-olah Wanda lah yang memegang kendali. Dia bisa rewind realita tayangan sitkom jika dia ingin. Hal tersebut terjadi setiap kali ada orang yang ingin membuat Wanda sadar kalau dia tidak sedang berada di dunia nyata. Misalnya, saat atasan Vision menanyakan bagaimana mereka bisa ada di Westview, darimana asal mereka, dan lain sebagainya. Kemudian ketika Vision memberitahu Wanda kalau ada hal aneh yang sedang terjadi dengan mereka berdua. Lalu, ketika Geraldine, tetangga mereka, menyebut kematian saudara kembar Wanda, Quicksilver, karena kemunculan Ultron di Avengers: Age of Ultron.

Di episode ke-4, akhirnya terungkap sudah bahwa Wanda memang ada dibalik segala keanehan tersebut. Sebuah simbol pedang yang kita lihat sejak awal episode, rupanya milik sebuah organisasi bernama S.W.O.R.D, singkatan dari Sentient World Observation and Response Department. 

Foto dari IGN.com

Geraldine adalah Captain Monica Rambeau dari S.W.O.R.D yang tersedot masuk dalam dunia yang diciptakan oleh Wanda. Monica Rambeau adalah salah satu dari sebagian populasi bumi yang menghilang karena the snap dari Thanos. Selama 5 tahun menghilang, Monica tak tahu kalau ibunya telah meninggal karena kanker, dan setelah ia kembali, Monica kembali ke S.W.O.R.D, organisasi yang didirikan oleh ibunya. Kalau kalian ingat, dia adalah anak kecil yang ada di film Captain Marvel. Ibu Monica adalah sahabat Captain Marvel. 

Lumayan sweet ketika Marvel memunculkan karakter baru berdasarkan karakter-karakter pendukung dari film sebelumnya, sampai memberikan sedikit cerita tentang apa yang terjadi pada Monica dan ibunya setelah film Captain Marvel. Seperti Agent Carter yang mendirikan SHIELD misalnya, ibu Monica, mendirikan S.W.O.R.D setelah menemukan benda dari luar angkasa.

Monica Rambeau saat tersedot masuk dalam dunia WandaVision. Foto dari Los Angles Times.

Sementara di luar, S.W.O.R.D dan FBI dengan bantuan Dr. Darcy Lewis (Thor) menyelidiki apa yang sedang terjadi, mengawasi sitkom 60-an ciptaan Wanda dari televisi jadul yang ia bawa untuk memeriksa radiasi nuklir. Menjawab segala keanehan yang kita lihat dari sudut pandang Wanda dalam episode 1-3. Ternyata mainan Helikopter di Episode ke-2 adalah sebuah Drone yang diterbangkan oleh Monica untuk melihat ke dalam Westview. Kemunculan seorang pria mengenakan pakaian aneh adalah seorang agen yang ditugaskan untuk menyelinap ke dalam kota melalui lubang pembuangan.

Kemunculan Dr Darcy Lewis dalam WandaVision. Foto dari ScreenRant.com

Setelah menendang keluar Monica dari Westview, Wanda kembali menjalani kehidupannya seolah-olah tidak ada yang terjadi. Namun, kita sempat melihat Vision dari sudut pandang Wanda, yang ternyata Vision adalah mayat yang (kemungkinan) digerakkan oleh Wanda sendiri selama ini. Tak ada infinity stone di kepala Vision, mengkonfirmasi dugaan penonton selama ini bahwa Vision masih mati, dan kejadian di film Avenger sebelumnya masih berkontribusi dalam perkembangan cerita serial Marvel.

Foto dari Collider.com

Serial WandaVision di Disney+ masih terus berlanjut, dan kita masih punya banyak pertanyaan dan asumsi yang belum terkonfirmasi. Apakah Wanda benar-benar mengendalikan dunia Westview? Kalau memang iya, mungkin Marvel benar-benar mengikuti referensi dari komik, saat Scarlett Witch kehilangan akal, menjadi penjahat akibat kehilangan saudara dan kekasihnya. Apakah Westview adalah bentuk kegilaan Wanda? Mari kita simak kelanjutan misteri WandaVision di episode selanjutnya.
Moonhill.id

Tim editorial situs Moonhill.id & Artikel kontribusi dari komunitas dan perorangan pilihan editor. facebookinstagramyoutube

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.