It's Okay To Not Be Okay: Perkembangan Karakter Paling Maksimal

It's Okay To Not Be Okay

It's Okay To Not Be Okay merupakan serial drama original Netflix yang dibintangi oleh Seo Yea-Ji sebagai Ko Meon Young, Kim Soo Hyun sebagai Moon Gang-tae, dan Oh Jung-se sebagai Moon Sang-tae. Disutradarai oleh Park Shin-woo, kisahnya berpusat pada tiga karakter utama, Penulis Ko Meon Young dan dua bersaudara Moon Gang-tae dan Sang-tae.

Sejak kecil, Gang-tae sudah bertanggungjawab menjaga kakaknya Sang-tae yang menderita autisme dan trauma pada kupu-kupu akibat tragedi di kampung halaman mereka. Karena trauma itu, Gang-tae dan Sang-tae tak pernah menetap di sebuah wilayah lebih dari 1 tahun, mereka harus berpindah lagi dan lagi setiap musim semi tiba. Namun, untungnya, profesi Gang-tae sebagai perawat rumah sakit jiwa, memudahkannya merawat Sang-tae. 

Suatu hari, terjadi kericuhan di acara pembacaan dongeng untuk anak di tempat Gang-tae bekerja. Di saat itulah Gang-tae bertemu dengan penulis Ko Meon Young, seorang wanita muda brilian yang amat cantik, namun memiliki sepasang mata yang amat dingin seperti psikopat. Mengetahui kakaknya, Sang-tae, amat menggemari Meon Young, Gang-tae berjanji membawakan tanda tangan penulis itu. Tapi akibat kericuhan yang diakibatkan oleh seorang Bapak-bapak gila yang ingin bunuh diri bersama anaknya, Gang-tae malah kena luka tusuk dan kelupaan meminta tanda tangan Meon Young, selain itu, Gang-tae malah dipecat dari tempatnya bekerja.


CEO Penerbitan SangSangESangin, Lee Sang-in dan diperankan oleh Kim Joo-hun, mengundang Gang-tae untuk bertemu demi memberinya kompensasi akibat luka tusukan yang disebabkan oleh Meon Young. Alih-alih mengambil uang tutup mulut, Gang-tae hanya meminta agar Meon Young memberi tanda tangan untuk kakaknya, Sang-tae. Tapi ternyata, tak semudah itu bagi Gang-tae untuk menjauhkan diri dari Meon Young, keesokan harinya, Gang-tae harus membawa Sang-tae bertemu dengan Meon Young di acara perilisan buku terbarunya. 


Setiap karakter dalam It's Okay To Not Be Okay memiliki kondisi kesehatan mental yang beragam, tak hanya trauma, namun juga co-dependency, dan bahkan gangguan kepribadian. Mereka memiliki sisi anak kecil dalam diri masing-masing yang terluka dan tak berkembang sebagaimana mestinya. Kekurangan masing-masing tokoh ini lah yang membuat menonton serial IOTBO menarik untuk disimak hingga akhir. Bahkan tokoh Sang-tae dengan keterbelakangan sekali pun tetap mendapat character arc yang baik.

Penampilan masing-masing aktor, tak hanya tokoh utama, namun juga tokoh pendukung, patut diacungi jempol. Tanpa pemeran pendukung, mungkin drama ini akan terasa polos dan kurang rasa. Ditambah lagi dengan pengambilan gambar dan lagu dalam serial ini terasa pas dan sesuai dengan tema serta konflik yang dialami karakter. Wardrobe yang digunakan oleh tokoh Meon Young dan Gang-tae juga sesuai dengan karakter mereka. Kalau kalian perhatikan, pakaian yang mereka gunakan juga ikut berubah seiring dengan perkembangan karakternya, mengingatkan saya pada limited series Netflix, The Queen's Gambit.

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.