Ketika Terapis dan Sineas Membahas Film — Cinema Theraphy

Film sebagai sarana penyembuhan dan pertumbuhan seseorang

Pernah nggak sih kebayang, apa jadinya kalau seorang terapis dan sineas film membedah film dari segi psikologi dan teknis perfilman? Salah satu kanal YouTube kesukaan saya adalah Cinema Theraphy, dimana salah satu segmen bertajuk, Therapist Reacts, psikolog berlisensi, Jonathan Decker, dan pembuat film profesional, Alan Seawright, membedah film favorit kita, mencari karakter, tema, dan plot untuk menemukan hal-hal yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan kesehatan mental kita, dan hidup kita.

Ini salah satu video mereka yang membahas Loki, tukang bikin onar atau kegilaan?


Dalam video tersebut, Jonathan Decker, menganalisa masalah karakter Loki. Apakah Loki memang terlahir sebagai pembuat onar, ataukah itu hanya kegilaan yang dapat disembuhkan? Kemudian, mereka juga membicarakan, apakah Loki dapat disembuhkan atau tidak? Kalau kalian penasaran, kamu bisa langsung aja nonton videonya. Menarik sekali, menurut saya.


Kanal YouTube ini juga yang menginspirasi saya untuk menulis Moonhill. Sering kali, kita melihat banyak contoh atau imitasi kehidupan dalam film. Dan sering kali, sebenarnya, kita bisa belajar banyak dari perjalanan seorang tokoh, entah pahlawan atau pun penjahat, pasti ada hikmah dari kisah itu yang dapat kita terapkan dalam hidup kita sehari-hari.
Tesalonika

Interdisciplinary artist with background studies in Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.