Serial Netflix yang Bisa Ditonton Gratis di YouTube — Abstract: The Art of Design


Khusus serial satu ini, kamu bisa menonton seluruh Season 1-nya secara gratis di YouTube. Serial dokumenter original Netflix berjudul Abstract: The Art of Design, memperlihatkan proses kreatif dibalik semua desain dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari desain grafis, illustrasi, typography, layout majalah, fotografi, pembuatan logo, produk, dan lain sebagainya.

Para pekerja seni yang tampil dalam serial ini bukan tokoh sembarangan. Di antaranya ada Christoph Niemann, seorang illustrator yang menggambar untuk cover majalah The New Yorker, kemudian Es Devlin, seorang penata panggung yang sudah meraih penghargaan. Para pekerja seni ini menceritakan cara mereka melihat dunia dari mata mereka, dan bagaimana benda-benda membosankan yang sering kita lihat di jalanan atau di rumah berubah menjadi bentuk dan warna. Proses kreatif mereka juga dijabarkan dalam dokumenter ini, mulai dari menemukan ide, memprosesnya dalam sebuah sketch kasar, memproduksi desain atau karya tersebut, kemudian bagaimana memperesentasikan hasil akhir mereka pada client. 

Ada pula cerita tentang bagaimana mereka kecemplung di pekerjaan mereka sekarang. Beberapa dari mereka berasal dari bidang yang sungguh berbeda dari profesi sekarang, misalnya, Es Devlin, seorang pemain musik, yang kemudian menemukan minat di bidang tata panggung. Dia hanya mengambil kursus singkat, kemudian menerjunkan diri pertama kali di seni tata panggung pertunjukan drama teater.

Tak jarang kamu juga akan mendengarkan kisah pergumulan para seniman. Seperti cerita Christoph Niemann yang menginginkan kebebasan dan kuasa penuh saat bekerja, namun sebagai profesional, dia pasti memiliki deadline. Kadang Christoph merasa dia tak cukup baik, dan kadang dia memiliki kecemasan akan kemampuannya. Tapi Christoph juga membagikan bagaimana caranya berhadapan dengan pergumulan batin tersebut.

Ini playlistnya, kalau kamu mau menyaksikan sendiri keseruan para pekerja seni yang sudah saya ceritakan di atas:


Season ke-2 sudah tersedia di Netflix dengan banyak contoh-contoh keseharian dari desainer profesional lainnya. Menurutku, serial dokumenter ini memegang peran krusial dalam mengenalkan apa itu seni dan desain pada orang awam. Apalagi di Indonesia, kita sering banget menjumpai orang yang nggak paham apa itu desain, dan apa yang sebenarnya dikerjakan oleh desainer di balik layar. 

Selain orang awam, para pekerja seni pemula hingga profesional pastinya akan menemukan segelintir (atau banyak) inspirasi dari dokumenter ini. Seketika mendengar kisah Christoph mengenai kecemasan dan ketakutannya, saya jadi merasa tak sendiri. Memang, ketakutan dan kecemasan akan kemampuan diri sendiri sering dihadapi oleh seniman, tapi mendengar bahwa bukan hanya kita saja yang mengalami hal itu, bisa menjadi kekuatan tersendiri untuk bisa bangkit dan menjadi lebih baik.


Tesalonika

Interdisciplinary artist with background studies in Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.