Bulan Agustus 2021 ini,
BLACKPINK
merayakan hari jadi mereka yang ke-5. Bersamaan dengan perayaan itu, YG
Entertainment selaku management dari BLACKPINK, mengumumkan
4+1 PROJECT, dimana akan ada 5 event yang diumumkan khusus untuk para
BLINK (penggemar).
Sayangnya, setelah semua 4+1 PROJECT resmi diumumkan melalui
situs resmi mereka, BLINK mengaku kecewa. Rasa kecewa itu mereka ungkapkan melalui media
sosial; instagram dan twitter. Tapi sebelum kita menyimak reaksi para
penggemar, mari kita tinjau dulu apa-apa saja sih isi project tersebut?
BLACKPINK: THE MOVIE
Setelah sebelumnya
BLACKPINK memiliki film dokumenter original NETFLIX berjudul LIGHT UP THE
SKY, mereka meluncurkan lagi project film THE MOVIE yang masih belum bisa
ditonton di Indonesia saat artikel ini ditulis.
BLINK terlihat amat bersemangat ketika THE MOVIE diumumkan sebagai project
pertama. Namun di saat bersamaan, mengingat kekecewaan sebelumnya pada YG,
BLINK was-was jika empat project sisanya tidak akan semenarik project pertama.
Hal tersebut juga diungkapkan oleh para penggemar melalui media sosial,
terutama kolom komentar. Mereka takut berharap dan berekspektasi terlalu
tinggi dan akhirnya tidak kesampaian seperti yang lalu-lalu.
Walau begitu, perilisan THE MOVIE tampak disambut dengan baik oleh para
penggemar. Bahkan fanbase Rosé besar seperti Récord dan
First Love tampaknya bekerja sama dengan CGV Korea membuat event khusus merayakan
perilisan film ini sekaligus hari jadi BLACKPINK ke-5.
BLACKPINK THE ALBUM PHOTOBOOK
[LIMITED EDITION]
Project kedua diumumkan sebagai THE SHOW PHOTOBOOK limited edition. Dalam
kurun waktu singkat, para penggemar ramai-ramai melakukan pre-order. Sekarang,
jika kita membuka situs Ktown4U, photobook ini sudah terjual habis.
Kemungkinan besar, para penggemar amat antusias karena dijanjikan bonus
pre-order limited edition bagi beberapa pemesan pertama saja dari YG Select.
Para penggemar tetap memesan walau mereka mulai merasa agak cemas karena
project ke-2 ini, (lagi-lagi) mengeluarkan uang. Mengingat menonton film di
bioskop dengan fitur ScreenX atau 4DX juga membuat mereka mengeluarkan uang,
dan sekarang perlu beli Photobook juga.
BLACKPINK on Weverse
Project ke-4 diumumkan dan rupanya keinginan fans untuk mendapat single baru
atau pengumuman sub-unit belum juga terwujud. Padahal kita sudah sampai di
angka ke-4, yang berarti hanya tersisa satu lagi harapan untuk mendengar
single terbaru dari idola kesayangan mereka.
Tapi setidaknya, kemunculan BLACKPINK secara resmi di platform media sosial
khusus fans K-Pop yang dapat diakses di seluruh dunia ini, bukan konten
berbayar seperti film atau Photobook. Meski pun mulai 16 Agustus 2021 semua
penjualan merchandise BLACKPINK dipindahkan ke Weverse, para penggemar tidak
diharuskan membeli apa pun untuk dapat berinteraksi dengan idola mereka.
BLACKPINK SUMMER DIARY 2021 in EVERLAND
SUMMER DIARY 2021 in Everland resmi diumumkan sebagai project selanjutnya.
Bukan reality show seperti BLACKPINK HOUSE atau
24/365 yang diduga oleh fans saat mendengar kabar keempat member
BLACKPINK sempat shooting di Everland, sebuah taman hiburan di Korea.
Ternyata, lagi-lagi sebuah konten berbayar. Lihat lebih lengkap soal
teaser trailernya di sini.
BLACKPINK 4+1 PROJECT POP UP STORE di Seoul
Keinginnan fans mendapat single atau sub-unit mendadak kandas seketika project
terakhir diumumkan. Pop Up Store untuk merayakan hari jadi BLACKPINK ke-5
dibuka di Seoul dengan sistem reservasi online. Tak semua fans BLACKPINK
tinggal di Korea, dan traveling juga tidak mudah di masa pandemi seperti ini.
Pop Up Store BLACKPINK juga termasuk project berbayar, tapi kali ini
kekecewaan penggemar lebih menitik beratkan pada lokasi dan keterbatasan
traveling. Tentunya Pop Up Store ini tidak mungkin ada selamanya. Toko khusus
BLACKPINK yang bertempat di Cafe di depan gedung baru YG Entertainment ini
akan dibuka selama 10 hari saja, mulai 21 sampai 30 Agustus 2021.
Untuk meredam kekecewaan penggemar yang berasal dari luar Korea Selatan, dalam
situs resminya, YG menyebutkan kalau Pop Up store ini dapat dinikmati secara
online. Namun belum ada kejelasan apakah yang mereka maksud "dinimati secara
online" akan memanfaatkan teknologi VR atau tidak.
Reaksi BLINK di Media Sosial
Menanggapi seluruh pengumuman project hari jadi ke-5 BLACKPINK, para penggemar
memberikan reaksi mereka melalui berbagai memes dan sindirian lewat postingan
media sosial.
Sebuah akun @aussie_blinks mengunggah komentar berikut, "WhyGee (YG)
seharusnya jadi komendian." Komentar itu dilatar belakangi oleh janji
management bahwa project ulang tahun BLACKPINK adalah project khusus yang
dapat dinikmati oleh semua penggemar di mana saja. Tapi nyatanya, tidak semua
BLINK punya penghasilan lebih untuk membeli merchandise ekslusif ulang tahun
ke-5 ini, dan tidak semua BLINK tinggal di Korea atau di wilayah yang
memungkinkan mereka menonton THE MOVIE di bioskop juga.
Sayang sekali project dari YG Entertainment masih belum bisa membuat BLINK
puas. Tapi ada komentar dari penggemar YG yang masih bisa mengerti dan
berpikir lebih luas.
Masih bisa dipahami juga ya.. karena pandemi yang sedang berlangsung, sangat
tidak memungkinkan bagi BLACKPINK untuk mengadakan konser dan tur. Alhasil,
management mereka harus mencari cara agar tetap mendapatkan penghasilan untuk
menggaji para staff dan member.
Posting Komentar
Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.