Model Langganan Netflix Baru di 2023 Mulai Diberlakukan di Beberapa Wilayah


Dilansir dari CBS News, Netflix mulai memberlakukan pembatasan password sharing di beberapa wilayah. Kebijakan baru ini akan mulai berlaku untuk wilayah lain per awal 2023. Berikut ini informasi seputar model langganan baru Netflix yang perlu kita ketahui;


Bagaimana cara Netflix membatasi password sharing?

Jika kamu sudah lama langganan Netflix, pasti kamu juga sudah tahu kalau kita bisa membuat sampai dengan 5 profil dalam satu akun. Profil-profil tersebut diberlakukan sebagai sub-akun, dimana tiap profil akan dikenakan biaya extra sebesar 2,99 USD per bulan. 

Sesuai pemberitahuan, Netflix akan memperbolehkan satu “rumah” per akun saja dan “rumah” lainnya perlu membayar lebih untuk digunakan dalam akun yang sama. Kita masih bisa menggunakan akun Netflix yang sama diluar rumah, misalnya mengakses dengan tablet, laptop, atau ponsel––namun, secara teknis menjadi satu akun, yang bisa ditambahkan sub-akun juga. 


Model kebijakan baru Netflix ini telah diberlakukan di beberapa negara seperti Argentina, Dominican Republic, Honduras, El Salvador, dan Guetamala. Pelanggan di negara-negara tersebut harus membayar lebih di setiap bulan untuk menambahkan “rumah” di akun mereka. Netflix belum memberi keterangan lebih seputar biaya tambahan ini untuk wilayah lain. 

Kebijakan baru ini akan diperluas per awal 2023. Pelanggan BASIC bisa menambahkan 1 rumah, pelanggan STANDARD bisa mendambahkan 2 rumah, sementara pelanggan PREMIUM bisa menambahkan sampai 3 rumah. 


Bagaimana dengan nasib mereka yang udah nebeng akun Netflix orang lain?

Orang-orang yang meminjam akun Netflix orang lain dapat memindahkan profil dari akun sebelumnya ke akun yang baru. Artinya, mereka tetap bisa menyimpan histori film yang telah ditonton dan rekomendasi lewat akun mereka yang baru. 

Menurut COO dan Chief Product Officer Netflix, Gregory Peters, mengatakan bahwa transfer profil ini berguna untuk beberapa hal. “I mean there’s obviously situations where you can imagine like you have a kid at home who is going to go off and become an adult and get their own account, and it supports those ones,” katanya. 

Pikirannya panjang juga ya, pak Gregory ini. Wkwk. Kepanjangan malah, sampai mikirin anak cucu kita. Namun sepertinya akan berguna kalau kamu tipe yang bener-bener peduli dengan histori dan rekomendasi Netflix

Orang-orang yang berbagi akun dengan orang lain, sekarang dimampukan untuk membuat dan mengelola sub-akun dengan model baru ini. “Another component of this, though, is allowing account owners to be able to pay for Netflix for some friend of family, somebody they want to share the service with,” ujar Gregory. “And so they’re able to create a sub-account, which we’re calling extra member, to enable that model, too.” 

Model langganan Netflix yang kita kenal.


Model langganan Netflix dengan iklan, akan segera hadir!

Memberlakukan biaya tambahan untuk sub-akun, bukan satu-satunya pemasukan baru untuk Netflix di 2023. Pengguna bisa berlangganan versi BASIC dengan biaya yang lebih murah tapi harus menonton iklan. Gregory bilang, opsi “BASIC with Ads” akan membawa lebih banyak pelanggan baru dan diharapkan bisa menambah pemasukan untuk Netflix. 

Langganan “BASIC with Ads” ini akan diluncurkan per November 2022 dengan biaya langganan 7 USD per bulan di Amerika, yang berarti 55% lebih sedikit jika dibandingkan dengan langganan Netflix yang paling populer, yaitu 15,50 USD per bulan dan sudah bebas iklan. 

Kira-kira, bagaimana kamu menyikapi model langganan Netflix yang baru ini? Masih mau langganan? Masih mau sharing akun? Atau mending beralih ke layanan streaming lain? 

Kasih tahu pendapatmu di kolom komentar ya!
Tesalonika

Interdisciplinary artist with background studies in Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.