Hati-hati! Banyak Berita Bohong Jelang Konser BLACKPINK di GBK

Banyak rumor palsu jelang konser BLACKPINK di GBK 2023 mendatang, didukung oleh media-media lawak nasional.

Sumber foto Freepik.com

Mulai dari rumor seputar venue konser setelah tanggal World Tour dirilis. Banyak penggemar berspekulasi kalau konser BLACKPINK “Born Pink” akan digelar di JIS (Jakarta International Stadium). Mirisnya, bagi penggemar yang datang dari luar kota, tanpa menunggu pengumuman resmi, sudah terlanjur booking hotel di sekitar venue tersebut.

Berita dan update terpercaya seputar BLACKPINK, Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa, hanya ada di MOONHILL Indonesia. 

Setelah pengumuman World Tour “Born Pink” 2022-2023 di Asia akhirnya dirilis, ternyata BLACKPINK venue konser resmi adalah GBK (Gelora Bung Karno) Main Stadium pada tanggal 11-12 Maret 2023 di Senayan, Jakarta Selatan.

Belum berhenti rumornya sampai di sana aja, guys. Muncul rumor baru dari media-media lokal kejar setoran, memastikan konser BLACKPINK di GBK tahun 2023 batal dan tidak bisa diselenggarakan. 

Padahal istilah komunikasi yang lebih tepat hanya “terancam” batal, bukan dibatalkan seutuhnya.

Tapi lihatlah headline dari media-media lokal yang tampan dan berani berikut ini;


Pemberitaan itu hanya berlandaskan informasi sepihak dari pernyataan Menpora (Kementrian Pemuda dan Olah Raga) yang awalnya mengumumkan beberapa stadium yang sudah disetujui FIFA akan melakukan renovasi sampai awal tahun depan, dan tidak bisa digunakan setelahnya.

Tidak bisa semudah itu membatalkan konser yang sudah diumumkan jauh-jauh hari. Pasti sudah ada agreement antara pihak penyelenggara dan penyedia venue.

Hanya segelintir media yang melakukan cross-check dengan pihak pengelola GBK dan promotor konser. Tapi sayangnya, komunikasi yang salah dari media-media lain, sudah lebih dulu terngiang di kepala orang-orang.

Contoh orang yang kena prank.

Rumor ini sangat merugikan penggemar dan tidak menguntungkan siapa-siapa selain mereka yang menyebar berita palsu.

Banyak penggemar beralih ke konser BLACKPINK di negara tetangga, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia. Sebab, mereka pikir, konser BLACKPINK di Indonesia benar-benar batal. 

Dampaknya bisa ke penyedia akomodasi di Indonesia, seperti penyedia hotel, layanan pesawat, dan sejenisnya, yang akan merugi kalau banyak orang percaya dengan berita-berita palsu itu. Udah kena pandemi, terus kena prank.

Mana, tahun depan katanya ada resesi…

Bahkan, negara kita juga akan ikut rugi. Biaya sewa venue yang dikeluarkan oleh penyelenggara acara pasti tidak sedikit, kan? Bisa jadi pemasukan yang bagus untuk Indonesia (termasuk bantu biaya renovasi).

Coba bayangkan jika ada banyak orang lebih percaya pada berita palsu semacam ini. Bisa jadi pengunjung yang mestinya lebih banyak, jadi berkurang––membuat BLACKPINK mengira mereka tidak punya banyak penggemar di Indonesia, lalu tidak datang ke sini lagi. Serem, ya bestie…

Pada 14 November 2022 lalu, penjualan tiket konser BLACKPINK di Jakarta pun dibuka untuk Membership BLINK Early Bird dan General. Tidak ada perubahan venue, tanggal, dan waktu.


Kita lihat sendiri kalau media-media lawak nasional ini…ya, memang lawak. Mereka adalah media-media yang gencar cari traffic ke situs demi dapat uang. Mereka tidak peduli kamu tahu kebenaran atau tidak. Yang penting viral, yang penting banyak pengunjung, apalagi kalau tautan ke situs mereka terus dibagikan orang-orang di medsos dan aplikasi chatting.

Tulisan ini dibuat agar kita semua lebih kritis saat menerima sebuah informasi. Lebih baik, kita tunggu pengumuman resmi dari penyelenggara acara dan pihak-pihak resmi terkait. Misalnya, Weverse (layanan membership resmi), Tiket.com (vendor tiket resmi), dan iMe Indonesia (promotor acara). Bukan informasi dari media-media lawak nasional, ya!
Tesalonika

I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.