5 Ciri Orang Insecure alias Tidak Percaya Diri, Wajib Disadari



Mungkin kamu udah sering dengar ungkapan, “aduh, gue insecure kalau disuruh ngomong sama orang baru.” Mungkin kamu juga pernah atau sering menggunakan kata itu. 

Tetapi, apa kamu tahu apa yang dimaksud dengan “insecure”?

Insecure berasal dari Bahasa Inggris, biasa digunakan untuk menggambarkan rasa tidak percaya diri atau rendah diri. Kebalikan dari rasa percaya diri, perasaan insecure juga berarti seseorang tidak merasa “aman” (secure) dengan dirinya atau kemampuannya.

Orang yang insecure atau tidak percaya diri dapat memiliki beberapa ciri yang khas. Berikut adalah beberapa ciri orang yang insecure:




Mudah Merasa Tersinggung

Orang yang insecure cenderung mudah tersinggung dan terlalu peka terhadap kritik atau komentar orang lain. Mereka sering merasa disalahkan atau diremehkan bahkan jika tidak ada maksud buruk dari orang lain.

Selalu Merasa Takut Dijauhi

Orang yang insecure sering merasa takut ditinggalkan atau diabaikan oleh orang lain. Mereka sering merasa tidak berharga atau tidak penting, sehingga selalu mencari perhatian dan persetujuan dari orang lain.

Tidak Percaya Kemampuan Diri

Orang yang insecure sering meragukan kemampuan dan keberhasilannya sendiri. Mereka sering merasa tidak cukup baik dan tidak mampu untuk melakukan sesuatu. Hal ini dapat menghambat mereka untuk mencapai potensi yang sebenarnya.

Cenderung Menutup Diri

Orang yang insecure cenderung sulit untuk membuka diri dan berbagi perasaan dengan orang lain. Mereka sering merasa malu atau takut diejek karena memiliki kelemahan atau ketidakmampuan.

Mudah Terpengaruh Oleh Opini Orang Lain

Orang yang insecure sering terlalu memperhatikan opini atau pendapat orang lain terhadap dirinya. Mereka cenderung mengejar persetujuan dan penerimaan dari orang lain, sehingga sering mengabaikan keinginan dan kebutuhan diri sendiri.



Nah, itu dia beberapa ciri orang yang insecure. 

Jika kamu merasa memiliki ciri-ciri tersebut, jangan khawatir! Kamu bisa mencari bantuan atau dukungan dari orang terdekat atau mencoba memperbaiki pola pikir dan perilaku kamu.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki keunikan dan potensi yang luar biasa, termasuk kamu!

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.