Keyboard Mekanik atau Mechanical - Panduan Lengkap


Belakangan ini perkembangan komunitas mechanical keyboard di Indonesia semakin pesat. Merek-merek lokal berani meluncurkan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau. Sebut saja FantechRexus, dan Vortex Series. Mereka sudah memiliki reputasi dan pengikut di tanah air.

Perkembangan ini, mungkin dilatarbelakangi oleh kebutuhan bekerja dari rumah, sehingga banyak orang mulai memperhatikan perangkat dan aksesoris bekerja, salah satunya, keyboard. Namun, karena hobi ini sudah lama berkembang di belakang layar, ada gap besar yang harus diikuti oleh pemula yang baru terlibat dan tertarik mendalami.

Untuk menjembatani gap tersebut, berikut ini daftar istilah bagi pemula yang ingin mengetahui lebih dalam tentang mechanical keyboard.

{tocify} $title={Table of Contents} 


Anatomi Mechanical Keyboard

Berikut ini adalah gambaran bagian-bagian mechanical keyboard

Sumber: Tech With Tech


Mechanical keyboard terdiri dari (mulai yang paling atas) keycaps dan badgeswitchestop caseplate, busa peredam, PCB, case foam, dan bottom case


Jenis Bahan dan Profil Keycaps

Perbedaan Bahan Keycaps ABS dan PBT

Bahan ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) 

Kebanyakan keyboard di dunia memiliki keycaps yang terbuat dari ABS. ABS adalah kependekan dari "Acrylonitrile Butadiene Styrene". ABS ada dalam berbagai formulasi untuk aplikasi yang berbeda. (Poly)styrene adalah bahan utama. Butadiene membuatnya lebih fleksibel dan tidak rapuh. Akrilonitril membuatnya lebih sulit. ABS, dan campuran lainnya dengan Polystyrene (PS) adalah beberapa plastik yang paling umum digunakan untuk peralatan komputer, termasuk casing keyboard.

ABS adalah plastik pilihan untuk pencetakan double-shot. Itu karena kebanyakan plastik lain menyusut terlalu banyak dalam proses pencetakan. Legenda pada kunci ABS juga dapat dicetak dengan bantalan, diukir dengan laser (dibakar) atau diukir dengan laser (dengan atau tanpa pengisi). Karena penyusutannya yang rendah, beberapa keyboard memiliki bilah spasi yang terbuat dari ABS meskipun tombol lainnya terbuat dari PBT atau POM.

Keunggulan keycaps ABS:
  • Murah dan mudah ditemukan
  • Jika menggunakan lampu RGB akan terlihat lebih terang

Kekurangan keycaps ABS:

  • Berubah menjadi kuning dari waktu ke waktu ketika terkena sinar ultraviolet (komponen sinar matahari)

Sumber: deskthority.net

Bahan PBT (Polybutylene Terephthalate)

PBT (singkatan dari "polybutylene terephthalate") adalah salah satu bahan yang paling keras dan paling tahan lama untuk keycaps. Ini lebih tahan terhadap panas dan bahan kimia daripada ABS, tetapi sifatnya juga membuatnya lebih sulit untuk dicetak, yang membuatnya lebih jarang.

Legenda pada keycaps PBT sering kali diukir dengan laser atau disublimasikan dengan pewarna, tetapi sangat jarang dicetak ganda (double-shot). Karena penyusutan selama demoulding, PBT juga jarang digunakan untuk keycaps terbesar, spasi, dengan pengecualian profil Cherry.

PBT tidak menguning dari paparan sinar ultraviolet seperti ABS. Ketahanan terhadap panas membuatnya menjadi kandidat yang baik untuk pewarnaan dalam rendaman pewarna panas.


Berbagai Profil Keycaps

Profil keyboard mengacu pada bentuk profil dari setiap baris keycaps.

Sebuah keyboard dapat dikatakan "low-profile" atau "high-profile", tergantung pada ketinggian keseluruhan di atas meja; tinggi keyboard adalah kombinasi dari desain sakelar dan tinggi penutup tombol. Sakelar yang digunakan pada papan ketik profil rendah biasanya memiliki jarak tempuh yang rendah.



Alasan untuk profil yang lebih rendah dan datar lebih sering untuk menghemat ruang, terutama dalam kasus keyboard laptop yang dibuat sedatar mungkin. Ada juga pengguna yang lebih memilih permukaan kunci rendah di atas meja.

Profil Cherry dan OEM Keycaps


Profil Cherry dan OEM adalah jenis profil keycaps yang paling umum ditemukan, terutama OEM. Karena ketinggiannya yang tidak terlalu ekstrem jenis Cherry menjadi preferensi untuk mengetik, sementara OEM lebih banyak ditemukan di keyboard standar dan gaming.

Profil XDA Keycaps

Profil XDA memiliki ciri flat atau datar sehingga ketinggiannya sama di setiap baris. Profil XDA merupakan profil paling disukai dan umum ditemukan selain Cherry dan OEM.


Perbedaan Teknik Cetak Legenda di Keycaps

Mungkin beberapa dari pemula kebingungan apa itu double shot? Serta, apa itu dye-sub?

Setelah sebelumnya disebutkan perbedaan dari bahan keycaps yaitu ABS dan PBT, berikut ini jenis keycaps dibedakan dari teknik printing legendanya.


Apa itu double-shot keycaps?

Double-shot keycaps berarti legenda di atas keycaps dibuat dengan cara menginjeksikan plastik sebanyak 2 kali. Sehingga, legenda yang ada di atas keycaps tidak akan hilang jika terus digunakan mengetik.


Harga dari double-shot keycaps cenderung lebih mahal dari ABS karena teknik printing yang cukup kompleks. Apalagi bila teknik cetak ini dilakukan untuk bahan PBT.


Apa itu dye-sub keycaps?

Dye-sub adalah istilah untuk proses mencetak legenda di atas keycaps dengan cara sublimasi. Sehingga tinta nya lebih awet dibanding legenda yang hanya di cetak di atas bahan keycaps, karena tinta tersebut meresap di dalam bahan. Teknik cetak ini sama dengan cara mencetak di atas kain.


Mengenal Switch Keyboard dan Typing Feel

Switch merupakan komponen yang ada di antara keycaps dan PCB. Setiap switch keyboard memiliki typing feel yang berbeda. 

Awalnya ada Cherry. Pencetus, prototipe, dan pola dasar, sakelar Cherry MX mewakili fondasi di mana keyboard mekanis dan switch keyboard modern dibuat.

Untuk keyboard mekanis bawaan, pabrikan sering kali menawarkan tiga pilihan switchMerah, Biru, dan Coklat. Hampir setiap produsen switch utama memiliki versi sakelar ini, berdasarkan model Cherry MX asli.


Saya tidak bisa menjabarkan semua jenis switch dalam satu artikel ini. Namun, jika kalian ingin tahu pasti apa berpedaan dari masing-masing switch, saya sarankan untuk mencobanya secara langsung. 

Kemudian ada istilah typing feel yang secara harafiah berati rasa mengetik. Tiap switch punya typing feel yang berbeda, ditambah jenis mounting dan kombinasi keycaps, rasa yang dihasilkan saat mengetik akan berbeda juga. Berikut ini bagan penjelasan singkatnya:


Switch Linier - halus dan konsisten dari awal hingga akhir, tanpa tonjolan atau sentuhan yang terlihat selain inkonsistensi cetakan atau pegas.

Jenis dan berat pegas memainkan peran besar dalam bagaimana perasaan switch linier, karena tidak ada hal lain selain suara, kehalusan, dan bobot pegas untuk menilai penekanan tombol. 

Switch Clicky - variasi yang paling keras tetapi juga memberikan bunyi "klik" yang tajam dan nyaring yang menurut banyak pengetik, memuaskan. Keluarga dan rekan kerja Anda mungkin membenci Anda karena menggunakan tombol klik.

Switch Tactile - penengah antara switch linier dan clicky.


Jenis dan Istilah Seputar Plate dan PCB

Apa itu traymount?

Istilah traymount mengarah pada jenis mounting plate dan PCB dalam sebuah mechanical keyboard. Istilah traymount berarti plate dan PCB dibaut pada bagian bottom case. Untuk memahami, lihat bagan di bawah ini.


Jenis keyboard traymount bisa dibilang sangat umum ditemukan dengan variasi harga yang lebih murah dibandingan jenis mounting lain seperti gasket mount.


Apa itu gasket mount?

Istilah gasket mount mengarah pada jenis mounting plate dan PCB mechanical keyboard. Dalam gasket mountplate diapit diantara celah pada top case. Diantara plate tersebut biasanya diberikan karet mounting yang terbuat dari silicon atau bahan lentur lainnya. Untuk bisa lebih mengerti, lihat gambar berikut.


Dari segi harga, mechanical keyboard dengan jenis gasket mount biasanya dipatok dengan harga lebih mahal dibanding tray mount. Kebanyakan keyboard berjenis gasket mount dianggap lebih fleksibel dan menghadirkan typing feel yang lebih disukai oleh pecinta mechanical keyboard.


Apa itu south facing dan north facing PCB?

South facing dan north facing merupakan istilah yang mengacu pada posisi LED dari PCB mechanical keyboard. Posisi LED ini juga menentukan posisi switch

South facing berarti LED berada dibawah dan switch dipasang terbalik. Sementara, north facing berarti LED ada di atas dan switch tidak perlu dipasang terbaik.


Fungsinya apa? Mari kita lanjut ke istilah selanjutnya.


Apa itu interference dalam mechanical keyboard?

Di atas saya sudah menjelaskan jenis-jenis keycaps yang punya ketinggian berbeda-beda. Jika sebuah keyboard memiliki north facing PCB, pengguna mechanical keyboard akan merasakan interference antara keycaps profil Cherry yang cenderung sangat pendek. 


Jadi, jika disimpulkan, interference mengacu pada tabrakan antara keycaps dengan switch dan biasa terjadi pada north facing PCB dengan keycaps profil rendah (misalnya Cherry). Sebelum ada keyboard yang memiliki south facing PCB, banyak pengguna yang mengkikis bagian atas switch mereka. Namun solusi tersebut dirasa terlalu merepotkan dan tidak sustainable.

Pengguna mechanical keyboard kebanyakan menyarankan keyboard dengan south facing daripada north facing karena alasan ini. Mungkin tidak semua pengguna merasa terganggu dengan interference, dan banyak juga yang mengaku tidak merasakan interference yang signifikan. Tapi di sinilah istilah “preferensi pribadi” berlaku. Kenyamanan penggunakan mechanical keyboard selalu tergantung pada penggunanya secara langsung.

Artikel ini pertama kali di publish di lonilocoesque.blogpsot.com pada 11 Maret 2022. 
Tesalonika

I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.